Selasa, 03 Januari 2017

Model Pembelajaran Demonstration

A.  Model Pembelajaran Demonstration
1.    Pengertian model pembelajaran demonstration
Dalam kamus Demonstration adalah mempertunjukkan atau mempertontonkan.( Jhon M. Echols dan Hassan Shadily, 1984: 178 ). Menurut Prayogo (2001) pembelajaran model demonstration adalah salah satu cara mengajar atau teknik mengajar dengan memvariasikan lisan dengan suatu kegiatan (penggunaan suatu alat). Model pembelajaran demonstration merupakan model mengajar yang sangat efektif untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep praktek. Dengan model demonstration peserta didik dapat belajar langsung dan mendapat pengalaman yang lain dibandingkan jika peserta didik mendengarkan ceramah pendidik atau sebatas membaca buku teks.
Sedangkan menurut Muhibbin Syan (2005) pembelajaran model demonstration adalah mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstration adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik. Dengan menggunakan model ini pendidik atau peserta didik memperlihatkan kepada seluruh anggota kelas mengenai suatu proses.
Adapun tujuan dari model pembelajaran demonstration
Model pembelajaran  demonstrasi ini bertujuan untuk memberikan keterampilan tertentu, memudahkan berbagai jenis penjelasan sebab penggunaan bahasa lebih terbatas, menghindari verbalisme, membantu anak dalam memahami dengan jelas jalannya suatu proses dengan penuh perhatian sebab lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar